Teknologi Itu Baik Atau Buruk?

Mungkin banyak yang jelas bilang ‘ya..teknologi pasti bagus lah..
Tapi tunggu, pikir dulu


Gambar dibawah adalah Trinity, merupakan bom nuklir pertama di dunia ini.

Untuk membuat bom ini di united states (amerika ) mengumpulkan semua sainstis / semua ilmuan yang paling pintar didalam satu project yang dinamakan Manhattan Project.

Adapun ilmuan yang mengikuti project ini diantaranya Richard Feyman, J. Robert Oppenheimer, bahkan Albert Einstein.

Mereka dan banyak saintis/para ilmuan semua berkumpul didalam project manhattan dan membuat teknologi baru yang sebelumnya tidak ada demi membuat bom nuklir ini .

Dan pada akhirnya mereka berhasil membuat bom nuklir.
Bom nuklir yang mereka buat bertujuan untuk membom Hiroshima dan Nagasaki.


Dihitung sekitar 129.000 – 226.000 lebih orang meninggal akibat peristiwa bom nuklir tersebut.

Bom nuklir begitu besar dampaknya. Jepang menyerah. karena mereka menyatakan bahwa amerika telah menggunakan Cruel Bombs.

Teknologi memungkinkan semua hal ini terjadi.

Kembali ke pertanyaan awal, Teknologi itu baik atau buruk?

Teknologi itu tidak buruk.
Teknologi tidak bisa baik, tidak bisa buruk. Kenapa? Karna teknologi itu hanya sarana / alat. Alat baik atau buruk itu tergantung siapa yang menggunakannya dan bagaimana alat itu digunakan.

Mari beri contoh:
Pisau, kamu bisa gunakan secara baik untuk memotong sayur dan buah buahan agar bisa dimakan. Di saat yang bersamaan pisau dapat juga digunakan untuk melukai orang.

Apakah artinya pisau itu buruk?

Tidak

Baik atau buruknya pisau tergantung siapa yang menggunakannya.
Hal yang sama bisa di katakan untuk nuklir.

Dari hasil penelitian, studi, research yang dilakukan di project manhattan terciptalah inovasi baru, yaitu Energi Nuklir (Nuclear Energy).



Beberapa negara seperti Perancis (72.3%) , Slovakia (54.1%), Ukraina (52.3%), Belgia (51.7%), Hungaria (51.3%) dan banyak negara lain sangat bergantung pada energi nuklir sebagai sumber daya alternative mereka.

Seperti hal nya pisau, nuklir bisa digunakan ke hal yang baik maupun buruk. Tergantung bagaimana kita menggunakannya teknologi bisa baik dan bisa buruk.

Teknologi di jaman kita sekarang sudah sangat canggih. Hanya saja kita tidak atu belum menggunakannya secara maksimal. Kita punya internet yang penuh dengan informasi apapun yang diinginkan. Anda tinggal ketik di google dan Walaa akan langsung muncul. Tapi nyatanya saat ini hal demikian hanya digunakan untuk reproduksi biologi. Social media yang menghubungkan kita semua malah digunakan untuk membully. 


Teknologi sudah siap, dan sekarang tergantung kita. Mau bikin bom? Atau menjadikannya energi. 

Tergantung kita.