Yok Belajar Presentasi Asik Dari CEO Apple

Steve Jobs. Inilah rahasia Teknik presentasi Steve Jobs yang menawan itu, Teknik presentasi luar biasa yang dia pakai dalam acara Keynote Address di Apple World Wide Conference, Macworld dan berbagai sesi presentasi lainnya. Penampilan Steve Jobs dalam sebuah Presentasi memang selalu dinanti banyak orang.

Dan inilah 3 rahasia Teknik presentasi Steve Jobs Buat kesuksesan presentsi anda :

Pertama, Ciptakan Cerita Dibalik Sebuah Presentasi : Semua orang suka dengan cerita, dan presentasi yang memiliki cerita di dalamnya akan selalu mudah dikenang audiens yang mendengar. Dan inilah kelebihan dari Steve Jobs, ia sangat mengausai betul Teknik ini. Ketika memperkenalkan iPod di tahun 2001, Ia tidak sedang menjelaskan sekedar Alat pemutar MP3. Yang dilakukan adalah Steve Jobs memilih untuk menceritakan iPod sebagai ‘1000 lagu yang ada didalam saku anda’.

Kedua, Slide Sederhana namun kuat secara visual : Sebuah slide yang baik seringkali bukanlah slide yang rumit. Dalam setiap presentasi, Steve Jobs selalu menggunakan slide slide yang sederhana. Kadangkala slide tersebut hanya berisi gambar tanpa kata kata dan dalam banyak kesempatan, Steve Jobs menggunakan angka yang ditulis Besar Besar dalam slide nya. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberi penekanan pada data yang sedang dibahas.
Jangan salah! Meskipun sederhana, slide tersebut memiliki kekuatan visual yang sangat berpengaruh pada presentasi yang sedang dilakukan.


Tiga, Gunakan Aturan ‘Tiga Bagian’ :  Dalam penulisan pidato, dikenal sebutan aturan tiga bagian. Ini dilakukan karena orang terbiasa memahami banyak hal lewat tiga bagian ini. Steve Jobs tahu betul kekuatan dibalik tiga bagian ini dan Ia menggunakan di banyak kesempatan.

Mari lihat seperti apa -> Ketika menjelaskan apa itu iPhone, Jobs tidak menceritakan terlalu banyak hal yang bisa membuat orang bingung, Ia merangkumnya sebagai sebuah ponsel Revolusioner  yang memiliki tiga fungsi yaitu Sebuah iPod yang menghibur – Sebuah ponsel cerdas – sebuah alat komunikasi yang hebat.. Dengan tiga hal tersebut apa yang dia sampaikan mudah diingat oleh audiens yang berada saat presentasi berlangsung dan sekaligus mampu merangkum seluruh fitur lainnya.




Semoga Bermanfaat.