Cara Tepat Meningkatkan Minat Untuk Membaca Buku



Banyak dari orang-orang yang suka mengatakan  Aku Ngantuk kalo udah baca buku sebentar, Sakit Kepala ku pas liat banyak tulisan ,Membaca buku itu ngebosenin
Kaya gitu kan? Bahkan kita sendiri pun bilang itu juga.

Hal yang demikian terjadi karna kita belum menemukan buku yang tepat dan sesuai dengan yang kita inginkan.

Jadi Bagaimana cara memilih buku yang sesuai dengan kita untuk dibaca?
Lupakan tentang tugas sekolah, tugas meringkas bacaan dan bacaan yang disukai gurumu. Sebaliknya , coba beberapa ide berikut :

Hobi Memasak& Membaca Resep-resep Memasak
a.       Pertama dengan memilih buku yang mengulas hobimu. Apakah kamu suka music, mode, computer atau olahraga? Ada banyak sekali buku yang mengulas topic-topik tersebut.





b.      Lanjutkan dengan topik menyangkut hal-hal yang sedang / perlu kamu lakukan. Mungkin kamu lagi belajar mereparasi sepedamu ? mendekorasi ulang kamarmu? Mencari informasi tentang wisata liburan untuk kelompok teman / sahabatmu?. Ada lusinan buku tentang semua masalah tersebut.

c.       Masih belum menemukan buku yang tepat? Pikirkan tentang film / acara TV kesukaanmu.  Kamu akan menemukan novel berdasarkan film, biografi para bintang, buku tentang cara memproduksi pertunjukan TV dan film untuk acara sekolah mu, dan banyak lagi.






d.      Masih belum ketemu juga? Yang terakhir , Bicaralah dengan temanmu, orang dewasa yang punya hobi sama denganmu, gurumu, atau petugas perpustakaann. Mereka semua punya saran yang bias di berikan padamu. 

e.      Masih juga belum menemukan buku yang tepat? Cobalah Internet, cari situs-situs yang menarik minatmu.  Seringkali diinternet ada daftar bacaan yang dianjurkan. Periksalah situs tinjauan buku dan daftar buku di Booklist seperti www.ala.org/booklist/indeks.html

     Semoga Bermanfaat. 

Post a Comment

0 Comments