Ilmuan Muslim Penting Terhebat Jauh Mengalahkan Ilmuan Barat



Diawal era pertumbuhan islam, dunia pengetahuan mengalami zaman keemasan dengan bermunculannya ilmuan ilmuan muslim yang hingga saat ini penemuannya masi digunakan dan menjadi rujukan sebagai dasar dari perkembangan pengetahuan modern. Namun mungkin karna kurangnya publikasi dan banyaknya peristiwa sejarah, menjadikannya nama nama mereka kurang dikenal bahkan dikalangan umat muslim itu sendiri. Selama ini sejarah perkembangan sains dan ilmu pengetahuan yang diajarkan disekolah formal pada umumnya didominasi oleh nama nama para penemu dan ilmuan barat. Yakan? Padahal FAKTANYA orang orang Islam lah yang pertama kali menemukan dan mengembangkan beragam  pengethuan tersebut. Sejarah barat telah mengubur sejarah tentang mereka sehingga hanya ilmuan muslim yang masuk dalam tinta sejarah penemuan didunia.

Berikut rangkuman Ilmuan Muslim Didunia :


AL BATTANI, Adalah nama seorang ilmuan yang disebut sebut berjasa menemukan hitungan jumlah hari  dalam setahun. Ia lahir didekat kota Batan Haran dan dikenal sebagai ahli astronomi dan matematika terbesar didunia pada abad pertengahan.
Al Batani memiliki 2 karya yang fenomenal dalam matematika dan astronomi. Dalam bidang metematika ialah ilmuan yang pertama kali memperkenalkan fungsi Trigonometri berupa sinus cosinus tangen secant cosecant & cotangent. Ngga Nyangka Kan?! Dalam bidang astronomi ialah ilmuan yang pertama kali berhasil mengukur lamanya waktu dalam satu tahun masehi secara teliti, yaitu 365 hari 5 jam 46 menit 24 detik. Sehingga dari hasil pengukurannya inilah terdapat suatu perhitungan yang menyatakan bahwa sekali dalam kurun waktu 4 tahun terdapat 1 tahun kabisat dalam tahun masehi. Namun sayang sangat banyak diantara kaum cendikiawan muslim dari berbagai disiplin ilmu saat ini yang tidak mengenalnya. Padahal tanpa beliau perkembangan ilmu matematika, astronomi dan aplikasinya dibidang teknologi yang berkaitan hingga saat ini, terutama perkembangan dan penemuan iptek yang banyak mempergunakan fungsi trigonometri dan proses penciptaan dan pengembangannya.



IBNU SINA, Nama lengkapnya adalah Abu Ali Husain bin Abdullah bin Hasan bin Ali bin Sina, Ibnu Sina adalah sosok intelektual muslim yang sangat jenius, nyaris tidak ada tandingannya hingga sekarang. Terbukti saat masi berusia 10 tahun ia telah hafal Al Quran sebanyak 30 juz dan pada umur 18 tahun ia sudah menguasai semua ilmu pengetahuan yang ada pada saat itu baik Sains maupun Sosial. Terlihat bahwa Ibnu Sina adalah sosok yang berwawasan sangat luas, Ia merupakan Bapak Kedokteran Sedunia, WOW! Dibuktian ia sangat banyak membidangi kelahiran ilmu kedokteran yang banyak dimafaatkan oleh kaum pelajar yang mendalami ilmu kedokteran hingga saat ini, tak lekang oleh waktu dan zaman. 

Bukunya yang terkenal dibidang kedokteran yaitu The Cannon of Medicine (Al-Qanan fi’il-tibb) telah berabad abad menjadi pegangan di universitas universitas terkemua di Eropa. Selain itu beliau juga menulis buku dalam jumlah ± sekitar 500 buah buku dalam bidang keilmuan diantaranya : matematika, astronomi, fisika, minerologi, ekonomi dan politik. Namun saying hamper separuh karya beliau telah lenyap saat ini, pasca tantara mongol menyerbu kota Baghdad.
Ibnu Sina juga dikenal sebagai filosof, psikolog, pujangga, pendidikan dan sarjana muslim yang hebat. 


AL FARABI, Abu nasar Muhammad bin Muhammad Ibnu Turkan ibnu Uzlab Al Farabi atau Alfarabi atau di eropa lebih dikenal dengan nama Al Farabius ialah seorang ilmuan muslim berkebangsaan Turki yang memiliki hubungan darah dengan bangsa Persia. Semasa kecil ia dikenal rajin belajar dan memiliki otak yang cerdas. Ia belajar agama, Bahasa arab, Bahasa turki dan Bahasa Persia dikota kelahirannya FARAB. Setelah dewasa Al farabi pindah ke Baghdad dan tinggal disana sekitar 20 tahun lamanya. Disana ia memperdalam filsafat, logika matematika, etkia, ilmu politik dan sebagainya.

 
Dari Baghdad Al Farabi pindah ke Haran Iran, disana ia belajar filsafat Yunani pada beberapa orang ahli. Tak berapa kemudian ia pun meninggalkan Haran dan kembali lagi ke Baghdad. Selama di Baghadad ia menghabiskan waktunya untuk mengajar dan menulis. Al farabi mengarang buku tentang logika, fisika ilmu jiwa, metafisika, kimia, ilmu politik bahkan tentang musik. Walau kebanyakan karyanya yang ditulis  dalam Bahasa arab telah hilang dalam peredaran dan diperkirakan hanya tersisa sekitar 30 buah, karya beliau yang paling fenomenal dalam ilmu fisika adalah mengenai fenomena gelombang bunyi, yang dipergunakan dalam not nada musik yang dimulai pada nada dasar frekuensi 400 heartz, hingga kenaikan pada frekuensi tertentu yang dapat menghasilkan bunyi not pada secara bertingkat. Semua hasil karya beliau telah terdokumentasi dalam bukunya yang berjudul ‘Kibat Al Musika’.
  


  

IBNU HAYYAN, Ibnu Hayyan atau di Eropa lebih dikenal dengan nama Gaber adalah seorang alhi filosof dan logika yang bekerja dibidang fisika dan kedokteran. Namun selain itu ia juga memiliki keahlian yang luar biasa dibidang kimia. Ia sangat mahir dalam perkara pemisahan zat kimia seperti kristalisasi, destilasi, kalsinasi, ekstraksi dan sebagainya.
Keahlian lain yang dimiliki adalah kemampuan yang baik dalam membuat berbagai jenis zat asam. Sehingga tampak bahwa ialah ilmuan pertama kali yang menemukan berbagai macam prinsip prinsip pemisahan zat dalam Ilmu kimia yang terpakai hingga zaman sekarang, dalam bidang Keilmuan Fisika dan Kimia. Maka tampaklah Jika Ibnu Hayyan tidak ada diperkiran minyak bumi hingga saat ini tidak akan bisa diolah menjadi beberapa macam seperti bensin, aftur, solar dan sebagainya. Karna proses pengolahan minyak bumi menjadi berbagai macam fraksi berkaitan dengan proses destilasi. Secara otomatis tidak akan ada kegiatan industrialisasi dan transportasi sampai saat ini. Selain itu dapat juga kita lihat jika Ibnu Hayyan tidak ada maka mungkin tidak akan ada proses pembuatan gula dan garam yang berkaitan dengan proses kristalisasi. 




AL KHWARIZMI, Atau yang dikenal di Eropa dengan nama al-Gorismi. ia sangat terkenal dalam hitungan atau aritmatika moderat yang merupakan dari ilmu matematika.
Ia memiliki buku yang sangat terkenal yaitu Al Jabar Al Muqawwalah yang terkenal di Eropa. Adapun fakta lain adalah Algoritma yang dapat diartikan sebagai langkah yang harus ditempuh dalam memecahkan suatu permasalahan.
Algoritma merupakan jantung ilmu informatika computer. Maka tanpa kehadirannya dalam percaturan dunia Sains bahwa mungkin tidak akan ada teknologi computer di zaman ini.
Dalam bidang keilmuan geografi dan perbintangan atau astronomi ia juga memiliki karya fenomenal. Hal ini dibuktikan dengan adanya karyanya dalam table astronomis.


Semoga Bermanfaat.