Marvel dan DC Juga Ada Karakter Superhero Muslim Loh

Kita tak asing bila mendengar Batman Superman Ironman X-men Spiderman, bukan begitu kan?  Marvel dan DC merupakan Duo penghasil superhero terbesar didunia. Disisi lain yang jarang bahkan tak pernah diketahui, ternayata Marvel dan DC juga menciptakan karakter Superhero muslim juga loh.

Mari Kita Mulai

Josiah Al Hajj Saddiq, Josiah mewarisi kemampuan keluarganya yang bisa beradaptasi dengan Super Soldier Serum seperti halnya Steve Roger a.k.a Captain America.
Ia bergabung dengan pasukan Amerika Serikat selama perang Vietnam. Dalam komik Crew #1 karya Christopher Priest, Joe Bennet, Ia diceritakan memeluk agama Islam dan sudah melaksanakan ibadah Haji. Bahkan Josiah menjadi seorang Menteri muslim dan mendirikan masjid di Little Mogadishu, Brooklyn.
Keren Bro!!

Monica Chang, adalah kepala Divisi Artificial Intelligence dari S.H.I.E.L.D. Ia bertugas menginterogasi Hank Pym setelah Pym berhasil mengalahkan Ultron dengan virus yang berkembang menjadi kecerdasan buatan sangat ganas yang bernama Dimitrios.
Bersama dengan Pym, Ia mengumpulkan tim untuk memburu Dimitrios setelah dia melakukan beberapa serangan cyber di seluruh dunia. Tim ini dikenal dengan sebutan Avengers A.I.
Dalam komiknya, Monica Chang pernah menunaikan shalat sebelum menjalankan misi.


Sooraya Qadir. Adalah seorang mutan perempuan Muslim Sunni kelahiran Afghanistan.
Sooraya ditolong oleh Wolverine dan Fantomex dari perbudakan. Mereka menyelamatkan Sooraya ketika dia terpisah dari ibunya.
Salah satu adegan yang menampilkan sisi keislamannya saat Dust berdo’a kepada Allah sebelum teleport Bersama teman temannya ke Limbo, dimana ia di tawan oleh Belasco dan Setannya. Awalnya Dust terlalu takut pada setan tapi ketika temannya tampaknya tewas, Dust menyerang Belasco, mengatakan bahwa jika dia mati, Ia akan membuat Allah bangga.


Kamala Khan, adalah anak bungsu dari dua bersaudara keluarga tradisional Amerika-Pakistan di New Jersey. Kamala mendapatkan kekuatan Super berawal dari perjalanan pulang dari pesta, yang secara tiba-tiba ia diselimuti oleh Terrigen Mists yang lepas saat event Infinity.
Sejak saat itu ia jadi memiliki kekuatan gen Inhuman seperti Shapeshipter, healing factor, dan Elastisitas. Kamala memanfaatkan kekuatan ini untuk kebaikan dengan berlandaskan pengetahuan Agamanya yang tertanam di lingkungan keluarganya.
Khan akhirnya menggunakan nama Ms. Marvel sebagai identitas superheronya karena sangat mengidolakan Carol Danvers yang sebelumnya menggunakan nama superhero serupa.

Simon Baz, Pertama kali muncul dalam komik DC yang diciptakan oleh Geoff Johns dan Doug Mahnke pada tahun 2012. Ia diceritakan sebagai anggota Green Lantern Corps, yang menggantikan sosol Hal Jordan selaku Green Lantern perwakilan bumi di comic edisi ‘Rise of the Third Army’.
Kehadiran Baz mendapat pujian dari para kritikus, meski beberapa pihak tertentu menentang kehadirannya. DC lalu memasukkan Baz sebagai anggota Justice League pf America pada 2013.

Semoga Bermanfaat.